Bootstrap Themes
Bootstrap Themes
 

Kembali

Margareta Sofyana

Bidang Kesehatan

“Membantu orang lain itu tidak perlu kaya. Berikan apa yang kita punya. Kalau kita punya semangat, berikan semangat itu agar orang lain merasakan, tergerak dan merasa berharga, Saya tidak hiraukan keterbatasan yang saya miliki, saya ingin jadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” ungkap Ibu Margaretha Sofyana, Kader Paliatif YKI Jakarta, saat ditanya apa yang membuatnya begitu semangat membantu pasien.⁣

Sosok yang akrab disapa Ibu Reta ini bukanlah dokter atau tenaga medis. Posyandu adalah tempat yang pertama kali mengenalkannya pada dunia kesehatan. Ia melihat masyarakat di sekitar Cempaka Putih tempatnya tinggal, punya kesadaran yang rendah akan kesehatan. Ia akhirnya tergerak menjadi Kader Paliatif, yang memberikan perawatan pada pasien-pasien yang tidak bisa lagi mendapat pengobatan medis. Sering berinteraksi dan merawat pasien yang sudah ada pada stadium akhir, membuatnya berkali-kali lebih peka terhadap kesehatan masyarakat di sekitarnya. Maka dari itu, Ia ingin akses kesehatan bisa dinikmati secara adil oleh semua kalangan.

Dedikasi Ibu Reta sebagai kader kesehatan terlihat jelas ketika memberikan edukasi kepada masyarakat, agar senantiasa menjaga kesehatannya. Ia rela terjun langsung ke wilayah-wilayah yang membutuhkan penanganan khusus, mulai dari pasar hingga area lokalisasi dan diskotik. Ibu Reta menjelaskan kepada mereka yang rentan akan resiko penyakit tertentu dengan sabar dan telaten, untuk melakukan langkah-langkah preventif bahkan tindakan kuratif. Ia juga membantu masyarakat dalam proses mengurus kartu jaminan kesehatan, supaya dapat menikmati fasilitas kesehatan yang layak apabila dibutuhkan. Bahkah Ibu Reta juga berjuang untuk mencarikan mereka pekerjaan yang layak agar dapat kembali produktif ketika pasiennya sudah sembuh.

Mengambil peran sebagai Kader kesehatan adalah cara agar Ia bisa terus hadir untuk membantu sekitarnya. Dengan dukungan besar dari suami dan anak-anaknya menjadi energi bagi Ibu Reta dalam melakukan #AksiHidupBaik untuk mewujudkan harapannya yakni akses terhadap fasilitas kesehatan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara adil dan merata.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: