Bootstrap Themes
Bootstrap Themes
 

Kembali

Mainem

Bidang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

“Cita-cita Ibu sederhana saja, saya ingin masyarakat tergerak untuk hidup lebih sehat, lingkungan asri, dan semangat beribadah,” tutur Ma’e, sapaan akrab Ibu Mainem, Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kembangan Utara, Jakarta Barat.⁣

Bagi Ma’e, pendidikannya yang terhenti di jenjang sekolah dasar saja bukan penghalang untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Keaktifannya di program PKK sejak tahun 1982 membuatnya menyadari, bahwa kondisi lingkungan tempat tinggalnya yakni di RW 07 Kembangan Utara, bermasalah karena padat penduduk dan cenderung kumuh. Kondisi ini membuatnya tergerak untuk menciptakan perubahan positif. Walau tinggal jauh dari langit, Ma’e yakin kondisi ini bisa dirubah. Ia memulai dengan menginisiasi adanya Gang Hijau, yakni penanaman tanaman toga sebagai langkah penghijauan sekaligus untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Tanaman toga berhasil membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, Ia pun tak henti mengajak masyarakat untuk berolahraga, hingga juga berhasil menggerakkan masyarakat untuk bahu membahu mendirikan Musala Al-Barokah sebagai sarana untuk beribadah yang nyaman.

“Saya ingin, masyarakat tergerak untuk hidup lebih layak dan lebih sehat melalui apa yang saya lakukan,” tutur Ma’e.

Keyakinan dan ketekunannya berbuah hasil, tempat tinggalnya di RW 07 Kembangan Utara menjadi wilayah percontohan se-Jakarta Barat berkat kondisi lingkungan yang sangat bersih, hijau dan lebih layak huni. Kualitas hidup warga yang tinggal di wilayah ini pun meningkat. Niat baik, kepedulian, dan kepekaannya pada lingkungan membuat masyarakat sekitar mempercayakan posisi penting kepadanya. Ma’e menjadi Ketua RT sejak tahun 2000 sampai saat ini, juga menjadi ketua Majelis Taklim Al-Barokah yang dirintisnya.

Melalui #AksiHidupBaik, menggerakkan masyarakat Kembangan Utara untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dan berkualitas, Ibu Mainem berharap nilai-nilai yang ditanamnya dapat berkelanjutan dan diterapkan oleh masyarakat.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: