Bootstrap Themes
Bootstrap Themes
 

Kembali

Irmanita Hutabarat

Bidang Pengembangan Kerajinan

“Saya ingin perajin Jakarta dapat membuat karyanya di Jakarta, dihasilkan di Jakarta dan untuk Jakarta pula,” kata Ibu Irmanita Hutabarat, sosok penting di balik Batik Marunda.

Berawal dari keprihatinannya terhadap nasib ibu-ibu di Rusun Marunda yang kehilangan pekerjaannya pasca relokasi, Ibu Irma mengambil inisiatif untuk membantu. Didukung oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Ibu Irma membantu para ibu dengan mengadakan pelatihan membatik, menyulam, dan menjahit. Dengan keterampilan ini diharapkan ibu-ibu memiliki pendapatan untuk membantu perekonomian keluarga.

Melihat potensi yang ada, Ibu Irmanita membuat Galeri Batik Marunda yang digunakan untuk memamerkan dan memasarkan hasil batik yang dibuat oleh ibu-ibu rusun. Bahkan salah satu batik dengan warna dasar hitam dengan motif kekayaan alam dan kearifan lokal juga mampu menembus gelaran Jakarta Fashion Week(JFW).

Kini, ibu-ibu rusun dapat bangkit setelah kehilangan pekerjaan akibat relokasi. Berkat #AksiHidupBaik dari Ibu Irmanita kini juga mampu untuk membuat karya seni yang memiliki nilai seni dan budaya Jakarta yang khas.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: